APAKAH POPULARITAS KANG JIMMY SUDAH MEMILIKI ELEKTABILITAS YANG CUKUP UNTUK MENJADI ORANG NO 1 DI KARAWANG








POPULARITAS H. Ahmad Zamakhsyari semakin melejit dalam pooling jajak pendapat, hal ini seiring dengan banyaknya aktifitas ybs untuk mencoba turun ke bawah untuk menyerap aspirasi dari kalangan bawah terkait dengan persoalan persoalan yang terjadi di masayarakat karawang yang belum terpecahkan dan terselesaikan oleh kinerja Bupati incumbent Hj Cellica Nurrahmadiana saat ini. Namun perlu diingat bahwa elektabilitas is not similar with popularitas.
Kita semua tau Ahmad dani Dewa 19 adalah orang yang sangat popular di bidangnya, siapa yang tidak mengenal sosok Ahmad dani, namun dalam PILKADA Bekasi beliau tersingkir, karena tidak memiliki elektabilitas yang cukup untuk menjadi orang no 1 di Bekasi, walaupun popularitasnya sangat tinggi.
Kita semua tidak mau bekerja dengan sistim ABS ( Asal Bapak senang ), dengan mengemukakan data yang tidak valid, bahwa sesungguhnya elektabilitas masih perlu didongkrak. Untuk itu kita harus memahami bahwa elektabilitas dipengaruhi oleh 3 Faktor yaitu :

1.POPULARITAS
Popularitas lebih banyak berhubungan dengan dikenalnya seseorang, baik dalam arti positif, ataupun negatif.
Sedangkan elektabilitas berarti kesediaan orang memilih figure yang di Idolakan untuk Posisi tertentu. Hal ini menyangkut ketertarikan atas pribadi TOKOH tersebut seperti Perilaku, gaya bicara, cara berinteraksi, kehangatan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan sebagai solusi.
Popularitas menyangkut Nama, Jumlah massa, ciri fisik, profesi ( Artis, pengusaha dll)
2. LIKEBILITAS (CITRA)
karakter yang menyangkut KAPABILITAS figure yang memiliki added value untuk masyarakatnya dan karakteristik pribadi missal. Citra kandidat yang low profile, berhasil mengatasi pengangguran dan mampu memberi solusi kongkrit atas persoalan di daerahnya, murah senyum, mudah ditemui masyarakat bawah.
3.IKATAN EMOSI
•Hubungan emosional mendalam menyangkut pengetahuan,
perasaan dari Figur dan masyarakat pemilih.
•Rasa kepercayaan atas kepemimpinannya.
•Program kerja yang menyentuh kepentingan Masayarakat
pemilih.
•Tidak ada jarak antara Kandidat dengan masyarakat.

Untuk Mengetahui Kemauan dan kepentingan Masayarakat metoda yang digunakan adalah MODEL Trend BLUSUKAN, Temu kangen, Silahturahmi dll. Hal ini diyakini bahwa masyarakat akan memberikan respons dan penghormatan yang lebih besar kepada Figur yang bersedia mendatangi mereka secara langsung.

Dari sisi Popularitas dan likebilitas H Ahmad zamakhsyari sudah tidak perlu diragukan lagi dengan apa yang telah dilakukan beliau kepada masayarakatnya, namun apakah sudah terbangun Ikatan Emosi ?. masih perlu dikaji kembali.

Untuk membangun Ikatan emosi yang merupakan salah satu factor penentu, menurut hemat saya perlu dilakukan 3 step aktivias antara lain sbb :

1.Melakukan Mapping atas semua permasalahan yang terjadi dimasing – masing Dapil, dan solusi yang ditawarkan apabila kang Jimmy nanti duduk di posisi no 1 Karawang.
2.Menyusun Job discreption, Role and Ouput para relawan serta menugaskan relawan untuk melakukan kampanye untuk sosialisasi Program kerja unggulan tersebut agar dipahami oleh masayarakat dibawah sehingga terbangun Elektasbilitas.
3.Para relawan di masing – masing Dapil mensosialisasikan Program unggulan kang jimmy dan menawarkan solusi atas persoalan tersebut di masing – masing dapil, dengan Schedule yang ketat dan diukur dengan KPI ( Key performance Indicator ) supaya dapat diketahui kesungguhan dan kinerjanya

Kang Jimmy wajib memberi pekerjaan ke masing – masing relawan dengan Tugas kampanye sosialisasi yang berbeda –beda. Misalkan :
1.Di dapil Cileber atau Cilamaya kulon bicara soal solusi case PERIKANAN, dan biaya bibit yang mahal.
2.Di pedes, Cibuaya, Tirta jaya dan Pakisjaya bicara soal Saluran sekunder dan tersier yang rusak dan solusi yang ditawarkan agar PUSO panen dapat di minimalisir dst.
Metoda kampanye para relawan dapat menggunakan cara antara lain :

1. Kunjungan langsung berupa ceramah/ dialog terjadwal melalui RT, RW, ARISAN ibu –bu, Masjid, mushola, Karang Taruna dll
2. Kunjungan langsung blusukan (door to door) ke para petani, LSM, Forum komunikasi warga dll
3. Aksi sosial missal lomba antar RT, khitanan massal, sumbangan ke anak yatim di pesantren atau PAUD/ Sekolah dll
4. Peresmian dan menghadirkan kang Jimmy
5. Pertandingan Olah Raga antar RT, desa atau disekolah
6. Pawai akbar
7. Pentas seni seperti Musik Hadroh, Tabliq akbar, MAULID NABI, Senam dll yang bersifat pengerahan massa
8. Menggunakan media center dan Metode high technology IT
seperti FB, WA, Line, Website atau selebaran Poster pamlet, spanduk, banner dll.
Pada kesempatan berikutnya akan saya tampilkan hasil MAPPING atas Program kerja yang masih menjadi PR, atau belum mampu diselesaikan oleh Penguasa Incumbent atau dengan kata lain adalah “kegagalan bupati Cellica N”. Tentunya dengan solusinya, meskipun untuk solusinya adalah kewenangan dari kang Jimmy selaku panglima tertinggi yang sudah sangat memahami perihal jumlah APBD dan budgeting.
Yang jelas Karawang pasti bisa maju dengan bekal kekuatan yang ada yaitu Pendapatan 4,6 Trlyun dan 1586 Perusahaan yang mampu meng absorb pengangguran.
SEMANGAT TERUS BERJUANG.
#SahabatOrangKarawang
#GantiBupati
#WargaKarawang
#KangJimmyCakep
#RelawanKarawang
#KarawangViral
#PemimpinKarawang
#BeritaKarawang

Comments